Rabu, 08 Agustus 2012

sumba.. sumba sumba .. waa..

       Tat Tit TUUt.. Tat Tit Tuut... Lagi2 HP gw itu berbunyi dengan nyaring di hari itu .. Yap setelah biasanya HP gw hanya bisa berdiam membatu dengan tulisan RIP di depan nya , Tapi di hari itu sudah ke 5 kali nya HP gw meneriakan tat tit tuut lagi .. menandakan ada seseorang nan jauh di sana menelpon gw . Gw liat di layar HP gw yang berukuran 3 inchi itu .. Ternyata penelpon nya sama dengan 4 penelpon sebelum nya . Yap cukup 2 huruf .. penelpon itu bernama "ai" . Cukup membingungkan memang , mengingat bahwa kata "ai" disana itu merujuk kepada salah satu senior yang sangat gw hormati .. yaitu kang Ayi .. yang tak lain dan tak bukan adalah bos koordinator sumbawa .



       Oke.. Sumbawa telah melakukan sepak terjang .. di mulai dari tanggal 28 - 29 juli .. dan di akhiri dengan tanggal 2, 3, 4 agustus . Yap sumbawa di hari ini memang sudah banyak belajar dari pelajaran yang lalu lalu ...jika Mengingat tugas kami tanggal 28 juli adalah melakukan wawancara kepada maba mengenai kesehatan mereka yang bla bla bla .. Cukup aneh memang mengingat banyak penyakit2 antah berantah yang tiba2 muncul dan gw gak pernah denger sebelum nya .. mulai dari alergi bibir lah .. selaput idung tipis lah.. sampe ke yang sedikit ekstream kayak lemah jantung .. dan yang sedikit memakai istilah kedokteran kayak talasemia dan sinusitis . Tapi itu udah beberapa waktu yang lalu .. karena kalender saat ini menunjukkan tanggal 4 agustus . Yap .. hari dimana seorang Mr.Egg di percaya menjadi seorang PJ dari sumbawa .. yap PJ .. seorang dimana harus berkutat dengan handy talkie yang menurut gw keren .. biasanya sih anak2 menyebut nya dengan panggilan yang cukup alay , Yaitu hatong . Dan saat ini sudah menjelang waktu dzuhur .. waktu dimana orang2 sakit jadi bisa di bilang "Blooming" , bukan karena waktu dzuhur nya .. tapi karena memang beberapa jam yang lalu para maba baru saja pergi dan pulang dari ciparanje.. yang tak lain dan tak bukan adalah daerah jajahan dari kang "ai" itu .. koor kita yang tercinta .

       Perjalanan dari ciparanje memang tidaklah mudah .. istilahnya kalo untuk sampai kesana tuh udah mah jalan nya belak belok mulu.. udah gitu naik turun pula.. Jadi inget syair lagu nya digimon tea tah
"jalan berbatu.. yang panjang tiada batas... terus berjuang ke tempat jauh disanaaaaa... "
Yap.. itulah yang gw rasakan .. apalagi gw pada saat itu adalah si penanggung jawab .. Atau bisa di bilang juga sebagai pemegang hatong .. UU.. Yeee.. cukup mengganggu ternyata .. mengingat gw adalah salah satu orang yang memusuhi teknologi.. yes.. welcome Mr. gaptek .. seseorang dongo yang gak bisa mendengar apa yang sebenarnya di bicarakan di antara hatong2 yang saling terhubung tersebut .. Dimana mereka selalu bilang .
"Arafuru kepada sumbawa... Ganti.. " 
Itu bisa di artikan bahwa arafuru me manggil sumbawa .. yap dan yang harus nya menjawab itu tidak lain dan tak bukan adalah gw.. si pemegang hatong.. Sayangnya emang telinga gw itu gak cocok dengan teknologi masa kini .. yang gw denger tuh cuman
"bszzzztuuu.. bszzzzztaaa... bszzzttttaaa.."
Dan akhirnya pesan nya berujung pada basi, kadaluarsa, dan gak perlu lagi.. huahahaha ... maaf ya maaf everybodeh.. :P

         Kan udah gw bilang jalan ke ciparanje itu gak mudah tadi .. dan gw yang emang sebagai pemegang hatong dari divisi Sumbawa , yang bisa di bilang bertanggung jawab atas kesehatan para maba nya harus melakukan suatu ritual yang kalo temen2 bilang sih istilah nya "Mobile" . Istilah yang cukup gw benci ternyata  . Karena hal itu mengharuskan gw untuk berlari ke depan dan kebelakang (depan dan belakang barisan maba maksud nya :P ) setiap beberapa menit sekali untuk memperhatikan wajah2 lelah para maba yang kelelahan .. begitu ada maba yang kelihatan cantik.. emm.. maksud gw sakit/udah gak kuat .. maka langsung lah di tarik keluar barisan sebelum maba nya tumbang karena ke lelahan.. :p bukan hal yang rumit ? okeh .. Mungkin enggak jika maba nya gak tembus angka 100 orang.. :P

       Sampe di ciparanje .. sungguh bahagia rasanya .. coz setidak nya gw gak harus lari ke belakang dan ke depan barisan terus kayak anak galau :P . karena para maba sudah mendapatkan suguhan kesenangan masing2 .. yaitu anak2 hoga menyebut nya dengan "game ke kompakan" .. yap kalo gak salah mereka memilki 5 pos yang siap membuat para maba tertawa riang dan meneriakan yel-yel dengan keras . Dan gw ? lagi2 gw harus terjerumus dalam kata "mobile" . dimana gw harus jadi penghubung antara posko dengan pos yang nyasar sendirian di tengah sawah.. yap.. 4 pos emang deket dengan posko.. tapi ada satu pos yang cukup jauh dari posko .. itulah yang gw jaga.. gw jadi semacam seorang fleksibel yang bisa lari ke segala arah kalo terjadi apa2 deh gtu.. :P . Gpp sih .. gw seneng kalo ngliat maba2 nya juga pada seneng .

      Yap semua telah selesai .. Pos2 di ciparanje telah kehilangan derai tawa dan yel2 nya yang tadi berkumandang .. semua maba telah di bariskan dengan rapih .. Dan posko kembali menjadi kediaman kang ayi yang tak lagi ramai oleh celotehan liqa yang selalu berjalan jalan (Anak sumbawa pasti ngerti.. apalagi yang jaga di posko :P ) . Perjalanan pulang dari ciparanje memang memakai rute yang sama .. soo perbedaan nya adalah kalo pas berangkat belok kiri , ya pulang nya belok kanan . Kalo berangkat nya turunan.. ya balik nya naikan . Yahh seperti hidup yang penuh ketidak pastian lah . Dan gw ? tetep sama aja sebagai pemegang hatong yang harus melakukan ritual yang biasa di sebut dengan "mobile" .

       Tak tik tuk.. singkat cerita sang maba udah berada di gedung dekanat .. terlihat cukup lelah .. Dan tibalah gw di saat cerita ini di narasikan dengan asal2 an di awal .. yaitu pada tanggal 4 agustsus.. dan dalam waktu yang menjelang dzuhur.. dimana para maba sakit sedang blooming2 nya .. dan Gw sebagai PJ waktu itu selalu mendapatkan telpon cinta dari banyak orang .. mulai dari kang ayi yang biasa gw panggil dengan kang Ay.. yang selalu memberikan komando jarak jauh .. Dan fitri yang biasa gw panggil dengan Fitbeph .. yang selalu meminta barang2 yang aneh , mulai dari rivanol sampe gunting kuku (waktu itu si fitri lagi jaga di atas ceritanya.. di tempat maba sedang mendapatkan materi  :P ) . Sampe si mega yang kebingungan merek crackers apa yang mesti dia bawa pulang ke posko untuk maba2 yang sakit . Dan gw ? si pengangkat telpon yang gak kalah bingung nya dengan mereka semua yang emang sedang kebingungan melakukan pemulihan dari maba maba yang sakit nya sedang blooming :P . Yap.. itu adalah hari yang sangat melelah kan .. kalo mau pake majas personifikasi sih "Angin pun ikut berbicara lembut melihat aku yang tersiksa karena keadaan " .. kalo pake majas hiperbola " Bahkan lelah nya merasuk rasuk hingga aku tak mampu melangkah lagi " .. kalo pake majas Alay "Pok0k Ny4 m@ch Cap3 Be33uUdH" .

        Yap , itulah 4 agustus gw yang mengerikan . Et ,  tapi jangan salah ya .. Gw ikhlas dunia akhirat loh ngejalanin nya .. kenapa ? cukup simple.. gw yang saat ini mendapat predikat sebagai anak bungsu tuh pengen banget banget banget beuud punya adek . Yah .. jaman SMA sih gw udah berhasil menggait banyak Adek2 yang gw anggap sebagai Adek gw sendiri .. (Adek apa adek hayo.. ? :P ) . Okeh .. cukup aneh memang , Dewasa ini tampak nya tembok pembatas antara "nyari adek" dengan "nyari pacar" itu sangatlah tipis sekali .. ahahaha :P kalo gw sih tipe amatir.. jadi lebih bersifat fleksible dari semua yang ada .. Tapi emang gw pengen banyak kenal dan banyak di kenal sama junior2 yang ada.. ahahaha :P

    Dan ada sedikit cerita nih.. waktu gw melakukan wawancara kesehatan (yap that's tanggal 28 juli) . gw sempet mewawancarai seseorang wanita dengan pembawaan yang baik .. dengan senyum manis dan tutur kata yang anggun . Bukan bermaksud apa2 dan menjadi orang creepy yang seperti biasanya... tapi cukup jarang ada seseorang yang bisa membuat gw kagum dalam satu kali pandangan . Ya kali2 aja suatu saat gw bisa kenal lebih jauh ... (Dan ini membuktikan sesuatu .. bahwa gw saat ini sedang amat sangat galau .. ahahaha :P ) gpp sih .. mengenal orang kan gak ada salah nya . :P
Lagi pula ini bukan kasus pertama .. Gw pernah ktemu dengan seorang gadis agnostik yang berfilosofi dengan sangat indah . Atau seorang pria paruh baya yang memegang Islam dengan teguh namun penuh dengan toleransi .. sehingga dia menjalankan dakwah nya dengan sangat pelan , hati hati, dan anggun . Atau seorang gadis cantik penebar senyum yang memiliki sejuta masalah di hidup nya .. namun senyum nya tetaplah luar biasa .Dan itu membuat gw sangat amat kagum dengan jalan pikiran seorang manusia . Dan semoga saja orang2 berpikiran logis , rasional , anggun dan penuh perasaan selalu dihadirkan oleh Allah SWT .. supaya gw mampu lebih berpikir lebih anggun daripada pikiran gw yang cukup bobrok saat ini :P


        Kembali kepada divisi Sumbawa dengan segala suka dan duka nya . Sebuah perkumpulan orang setengah gila yang 100% asik dan keren . Tentang bergabung nya akang teteh yang entah mengapa selalu di eja dengan sebutan pensi .. padahal eja an nya gak begitu :P . Dan tentang gw .. Ega Adhi Wicaksono .. yang mencoba untuk belajar .. belajar untuk mengerti.. dan mengerti untuk belajar .. Semoga kelak ilmu yang di ajarkan akang teteh "pensi" bisa berguna untuk orang2 di sekitar gw .. dan untuk orang2 yang sangat gw sayang selalu .. kalo versi alay nya mah .. " 0r4nk y@nk Gw Ch4yankzz Ch3laluuu.."

Mereka bilang Maritim (sumbawa adalah bagian dari maritim :P ) telah di bubarkan struktur nya .. namun jiwa nya akan tetap selalu hidup.. mengayomi dan menyayangi para maba nya .. saling berinteraksi satu sama lain dan menjalin silaturahim yang tak ada putus- putus nya . Saling tertawa dan berbagi .. dan semuanya akan tetap satu .. di hati ini .. dalam satu kata.. Maritim...

Dan itulah mengapa gw selalu bangga berada dalam keluarga besar FPIK UNPAD..

-Case Closed-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar