Rabu, 28 November 2012

PsiGene dasar

       Kalo inget sekarang udah jam 1 malem, dan besok ada pelajaran genetika ikan yang "katanya" sih dosen nya bakalan cukup wah wow adaw-adaw dan ciat-ciat. Belum lagi ditambah dengan praktikum dadakan yang tiba2 muncul secara tiba2 setelah satu semester seperti ditelan bumi.. yoap.. that's biokim.

        Emm.. tapi gw sekarang lagi rada interest juga sih sama yang namanya pelajaran genetika ikan.. yang sampe saat ini gw liat dari sisi manapun juga tetep aja dalem nya adalah ilmu genetika secara umum.. Bahkan pada beberapa contoh memang tidak mengacu pada Ikan-ikan an doang .. tapi merembet hingga hewan, manusia dan sejuta makhluk luar biasa lain nya.

         Nah.. satu point penting dari genetika yang gua suka adalah mengenai rumus ekspresi fenotip (sifat yang ter ekspresi) ternyata sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Ini adalah salah satu point yang sama sekali gak gua temukan dalam pelajaran genetika yang gua cerna di SMA..
VP= VG+VE+VG-E
          Nah.. itu dia rumus yang menyatakan derajat kenampakan fenotip dari suatu individu dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Vp adalah varian fenotip , Vg adalah varian genotip, Ve adalah Varian lingkungan dan Vg-e adalah interaksi antara varian genotip dan lingkungan. Dan gw yakin lu yang baru ngebaca ini akan kelenger ngedengerin penjelasan gw yang bla bla bla bullshit.. :P

          Tapi bener loh.. kadang2 gua suka mengaitkan rumus di atas dengan ilmu psikologi pada manusia.. Tentu saja karena sebenernya gua gak ngerti apa-apa tentang psikologi, maka ilmu psikologi yang gw bicarakan bukan ilmu psikologi yang beneran.. tapi hanya sebatas ilmu psikologi kira-kira.

            Vp atau varian fenotip biasanya sih gw kaitkan dengan sifat-sifat yang muncul dalam diri kita. Bisa itu sifat baik, buruk, jahat, lucu, ramah dan lain-lain.. Yoap.. varian ini memiliki derajat variasi yang tinggi, karena gw mengaitkan nya dengan pola pikir yang memang setiap orang memiliki sejuta jalan untuk memikirkan nya.

          Vg atau varian genotip biasanya gw kaitkan dengan sifat-sifat alamiah yang berada dalam diri kita. Tentu kita sudah memiliki bakat natural untuk menjalani hidup.. kadang kita memiliki start yang unik yang tidak pernah kita sadari sebelumnya. We are unique.. dan inilah modal se awal-awalnya modal kita untuk berpikir.

            Ve atau varian lingkungan adalah apapun yang berkaitan dengan dunia luar yang kemudian berpengaruh pada diri kita. tapi hanya sebatas hal yang berpengaruh.. kita belum membicarakan proses disini .. Gw pribadi lebih melihatnya sebagai jabatan orang-orang disekitar kita. Orang tua, pacar, kkak, adik dan sejuta jabatan formal ataupun informal yang lain nya.

        Vg-e adalah faktor yang terpenting, dimana disini membuktikan bahwa sebenernya bakat alam dari pola pikir ternyata saling berinteraksi dengan hal-hal diluar diri kita. Bagaimana lingkungan dapat saling berinteraksi dengan ke"unik"an otak kita untuk pembentukkan diri pribadi. Cukup membingungkan memang.. :P
PsiGene

Tapi kesimpulan dari semua omong kosong di atas adalah.. Bahwa lingkungan akan sangat berpengaruh bagi diri kita. Jadi beradalah dalam lingkungan yang baik, hal ini bertujuan untuk memperoleh suatu pemikiran yang unggul.. yang mampu memahami dunia dari segi manapun.. yang mampu beridealisme dengan prinsip.. mampu memahami diri sendiri dan orang lain.
dan selalu sadar akan situasi, kondisi, toleransi, pandangan dan jangkauan..

Sekedar hiburan..

-Now, You Know Me-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar