Kamis, 21 Maret 2013

How to classify an un-touch-able person in social

Gw belakangan ini heran dengan cara bagaimana gw berpikir. Cara berpikir gw tuh nyusahin tau gak, bahkan beberapa hari ini gw kepikiran mengenai sedikit konsep dunia sosialita. Tenang2,, bukan sebuah konsep serius yang memusingkan. Tapi tetep aja selalu kepikiran dan bikin susah, hahaha.

Tampaknya otak gw sudah mulai berontak dan terus menawarkan konsep mengenai kaum sosialita yang ternyata adalah seorang antisosial. Yeah, you know, sebuah sebutan sederhana bagi mereka yang memiliki sedikit teman atau jaringan pertemanan. "kurang gaul", mungkin kata itu bisa di sinonimkan dengan apa itu yang disebut antisosial.
(Anti sosial dalam sosiologi memiliki arti yang sangat berbeda, jadi jangan dianggap serius,, artikel ini sangat tidak valid untuk dikatakan ilmiah).


Nah, ceritanya otak gw nih mulai bertanya tanya tentang apa sih yang ngebuat seseorang itu bisa jauh dari sebuah pergaulan yang menurut gw seharusnya bisa merangkul berbagai tipe orang dan manusia. 
Nah,, kalo kata otak gw nih.. orang yang gak punya temen itu bisa dibedakan menjadi dua tipe. Pertama adalah "dia yang tak mau disentuh" dan "dia yang tak tersentuh". 

Dia yang tak mau disentuh, adalah suatu konsep yang mengatakan bahwa, seseorang dapat jauh dari dunia perkenalan yang luas dikarenakan orang itu sendiri yang menginginkannya. Kalo lu pernah denger kata-kata macam "egois" "pendiem" atau "misterius".. nah biasanya yang tidak mau disentuh adalah orang yang memiliki sifat2 tersebut.  Namun orang tersebut melakukan ke egoisan dan lain-lain nya dengan penuh kesadaran. Nah , hal inilah yang akan menyebabkan si tipe "dia yang tidak mau disentuh" memiliki suatu dinding pemisah antara dirinya dan dunia luar. Bukan karena apa-apa.. tapi karena memang orang itu sendiri yang menciptakan dinding nya.

Lain lagi ceritanya dengan tipe "dia yang tak tersentuh". yang tak tersentuh adalah suatu konsep yang mengatakan bahwa seseorang tidak memiliki teman maupun relasi karena memang dunia sosial tidak mampu memahami apa yang ada pada dirinya. Bingung? singkat kata dia yang tidak tersentuh biasanya tidak memiliki karisma yang mampu menarik orang-orang untuk bisa menyentuh nya. Dia bisa dikatakan bukan karena dia meniadakan diri.. namun orang2 lah yang tidak mampu memahami apa yang ada pada tipe2 orang "dia yang tak tersentuh".. yaa, tipe orang yang memang sejak awal ingin sekali disentuh, namun tak ada yang mampu menyentuh nya. 

Haha.. konsep sentuh menyentuh tersebut terdengar bodoh kan? tapi tidak sebodoh konsep pengelompokan tipe orang berdasarkan orang-orang tempat dia biasa bergaul. Percaya atau tidak, otak gw tuh sebenernya udah memiliki suatu pemetaan jenis-jenis orang dan pribadinya. Semacam Kariotype gtu, beda nya ini adalah sifat orang dan bukan kromosom.
soal peopletype (kariotype versi sifat orang) gak bakalan gw bahas, karena itu banyak banget.. 
yang gw bahas adalah konsep sederhana pengelompokan nya.

Seperti kebiasaan makan pada makhluk hidup, kebiasaan berteman juga punya 3 tipe dasar.. euryplen stenoplen dan monoplen. 
yap, sederhana.. euryplen menunjukkan bahwa suatu orang dapat melakukan pergaulan tingkat intim (sangat dekat) dengan berbagai macam kepribadian orang yang berbeda,, biasanya orang-orang euryplen adalah orang-orang gaul yang selalu dikenal semua orang. 

Stenoplen, dikatakan bahwa suatu orang dapat melakukan pergaulan tingkat intim dengan sedikit macam kepribadian orang yang berbeda. Ini masih dalam taraf normal. Kebanyakan orang masuk kedalam tipe-tipe ini.

Monoplen, menyatakan bahwa satu orang hanya bisa melakukan pergaulan tingkat intim hanya pada satu jenis kepribadian orang saja. Nah,, biasanya tipe inilah yang tergolong dalam "dia yang tidak mau disentuh" dan "dia yang tak tersentuh" . Hanya beberapa orang saja yang bisa memahami cara orang tipe monoplen bergaul.. akhirnya dia bakalan terisolasi dan hanya memiliki sedikit jenis teman saja.

Oke-oke fine.. so, Where I belong? (berkata-kata dengan tensis yang setengah jadi) gw masuk yang mana? 
analisis sederhana? dalam golongan tersebut, kemungkinan gw termasuk yang euryplen,, tapi.. gw adalah tipe orang yang tak tersentuh.. kok bisa ? 
yo of course.. gw merasa memiliki banyak teman,, berbagai kepribadian pula,, (ciri-ciri euryplen kan? ) tapi gw bener2 merasa hanya beberpa orang yang bisa mengerti gw hingga kedalam, bukan karena gw yang gak mau.. tapi memang mereka yang tak mampu mengerti (ciri-ciri dia yang tak tersentuh) ...

Dan dengan menulis note ini, sekarang gw telah sukses menjadi orang galau.. ahahahahaha :D

-Ditulis ditengah hujan yang lebat sore hari, dan mendengar bahwa katanya si her lagi gak enak badan,, gak lagi sakit sih.. cuman gak enak badan aja.. terus gak napsu makan dan hilang gak ada kabar lagi.. hha.. (maksud nya apa nih? gw juga gak ngerti hha :p dasar orang jomblo .. )-
-By Mr Egg-

2 komentar:

  1. emang lu mau jadi orang yang sudah tersentuh kawan ?? hahaha .
    apa mau gua sentuh ?? hehehe .

    BalasHapus
  2. Wahahaha "sentuhan" disini kiasan yaa.. wkwkwkw :D

    BalasHapus