Minggu, 08 Juli 2012

stress cook

       Kita semua tau bahwa di sekitar kita banyak banget orang2 yang hobi masak .. ya me masak emang udah menjadi hobby yang lumrah bagi para kaum perempuan , entah karena mau menjadi istri yang baik atau karena memang keharusan.. tapi me masak memang hobby yang sangat menyenangkan . Yap , itulah yang selama ini gw pikirkan tentang memasak .. suatu hobby produktif yang sangat menyenangkan.. bagi diri sendiri maupun orang di sekitar .. (abis masak pasti output nya makanan boss.. orang sekitar ikut dapet untung :P )



       Tapi tadi sore , gw kembali melihat ajang pencarian bakat di salah satu acara TV swasta .. dan bakat yang di cari adalah bakat me masak .. wah.. pasti seru2 ya . gw pikir dalem nya pasti ada ibu2 me makai celemek yang sedang me masak sembari tersenyum bahagia ..Ternyata gw salah .. dalem nya ada chef2 senior yang membantai chef2 muda yang sedang mencari jati diri dalam me masak .. Jadi mereka mengkonsep kan acara nya menjadi sebuah ajang me masak untuk memperebutkan celemek berwarna putih tanpa hiasan emas dan berlian . Dan untuk merebut nya harus melewati banyak rintangan dan tantangan serta mendapatkan tekanan dari chef2 papan atas dengan komentar yang sangat pedas . Dan acara itu membuat gw semakin percaya.. kalau masak itu emang bikin stress .

        pertama gw baru tau kalo chef2 profesional selalu menyertakan persentasi dalam setiap masakan nya .. waduh , dalem hati gw niat2 amat ini orang2 ya.. :P . Tapi gak apa2 lah.. cuman persentasi masakan nya dia aja kan.. i'ts simple , iya kan ? ternyata tidak . dari judul masakan mereka aja udah susah .. "sirloin steak with pinaple sauce and marinated with lip coffe.. " (okeh.. gw ngarang :P ). dafuq. makanan macam apa itu ? gw dari dulu denger nama makanan tuh cuman karedok.. gado2.. nasi goreng .. simple2 kabeh pan ? Itu mah rumit banget .. udah teh pake bahasa inggris.. panjang pula . Dan itu baru judul doang .. belom mulai persentasi nya . Katanya sih di namakan begitu karena itu adalah daging sirloin yang di panggang dan di siram dengan sause yang terbuat dari buah nanas dan di banjiri dengan salah satu jenis kopi yang tidak di ketahui oleh orang awam .. dan komentar juri nya gak kalah aneh2 dengan makanan nya . "saya gak ngerti .. kenapa harus ada nanas disana? " .. kunyuk.. lw gak baca judul nya apa ? kan udah jelas2 ada kata pinaple di nama resep nya .. ya musti pake nanas lah.. juri aneh.. :P . Belum lagi acara nya di kemas se galau mungkin .. masakan nya di bilang gak enak sama juri .. tiba2 peserta nya nangis... di tanya sama juri nya , "kamu kenapa ? " dan peserta nya bilang "saya teringat ibu saya .." . Entah apa yang lw pikirin.. tapi buat gw itu tuh aneh.. apa hubungan nya masakan lw yang gak enak.. tiba2 ke inget ortu gtu.. rada galau sebenernya dalam hati gw :P .

      Oke.. itu baru di tinjau dari segi ajang kompetisi masak di salah satu stasiun TV swasta . Cukup membuat stress kan ? belum sampai di situ . Pernahkah di antara kalian ada yang mendengar tentang Gastronomi ? yap terdengar asing kan ? itu adalah ilmu yang mempelajari tentang makanan yang baik . Dan di sumber lain di katakan bahwa itu adalah ilmu yang berhubungan dengan makanan dan minuman . Yap memasak juga ada ilmu nya .. So.. bahkan memasak pun ada sekolah nya kawan .. dan apapun yang mengandung kata "sekolah" biasanya sangat ber korelasi dengan kata "stress" . Oke gastronomi memiliki beberapa cabang . Ada gastronomi praktis, teoritis, teknis, makanan, dan molekuler . Dan cabang ilmu yang membuat gw makin yakin kalo memasak itu stress adalah gastronomi molekuler .

       Gastronomi molekuler adalah cabang ilmu gastronomi yang membahas tentang transformasi fisika dan kimia dalam makanan . Waw banget gak tuh ? memasak berarti memperhatikan perubahan fisika dan kimia -,- . Contoh paling sederhana aja deh .. kita masak telor di wajan .. terus telor nya yang tadi nya cair berubah jadi padat dan jadi warna putih, kenapa bisa begitu ? ... kalo kata kita mah kan "owh.. itu mah gara2 kena panas boy.." . sayang nya ahli gastronomi  molekuler berpendapat lain :P . katanya mah "Sewaktu telur dimasak, protein telur akan mengalami denaturasi pada saat suhu melebihi 400C (kebanyakan protein terdenaturasi pada suhu sekitar 400C) dan mereka akan mulai bereaksi bersama untuk "memasak" telur tersebut saat suhu melebihi 750C. Waktu protein dipanaskan pada suhu yang tinggi, mereka akan mengalami reaksi kimia yang menyebabkan mereka terputus atau tergabung menjadi molekul yang lebih besar. Protein telur yang cair akan berubah menjadi padat karena molekul-molekul protein yang terputus akan aktif bergerak (karena energi panas) melilit satu sama lain. Lilitan protein-protein tersebut yang membentuk struktur telur yang padat ". Dafuq.. itu baru telor di masak .. belum bikin ager2 .. belom reaksi pembakaran yang terjadi saat kita manggang steak . belum proses tercampurnya suspensi susu.. Okeh.. itu cukup bikin stress . Dan kalo lw tau .. seorang ahli gastronomi molekular itu udah kayak ahli laboratorium peralatan nya .. mulai dari timbangan dengan ketelitian 0,01 trus juga ada refraktometer atau alat pengukur gula dan yang paling penting adalah pH meter.. dan itu baru alat yang paling sederhana.. masih banyak alat2 lain nya yang ikut berkecimpung dalam dunia masak memasak ilmiah ini :P . dan bahan2 yang di gunakan ? ada nitrogen cair, kalsium, sodium alginat , sodium bikarbonat.. dan lain2 -,-

      Yap.. itulah kenapa gw cukup salut kepada koki2 profesional yang masih mampu untuk tersenyum . Dan gw mengerti perasaan chef2 tukang bantai di acara tersebut .. pasti mereka sangat stress dalam me masak.. dan melampiaskan kepada chef2 muda polos yang masih belum tau dunia gastronomi atau tata boga . ahahaha :P

berbahagialah bagi kalian yang di ciptakan dengan sangat omnivora (pemakan segala :P )... karena kalo kalian di ciptakan sebagai chef profesional.. pasti kalian gak bakal betah hidup di kosan.. cos makanan nya gak ada yang mentingin kualitas.. yang penting kuantitas bos.. ahahaha :P
kecuali chef bondan.. yang menganggap semua makanan itu mak nyuss,.. :P

buat gw , koki yang baik bukanlah koki yang menganggap memasak adalah hal luar biasa yang selalu sempurna.. tapi koki yang baik adalah koki yang mampu menghargai setiap makanan yang ada..
just opinion ..

-Case Closed-      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar