Sabtu, 26 Mei 2012

Fisheries, they said ?

       Denger2 hari ini adalah hari pengumuman UN ya ? ahahaha detik2 pengumuman UN itu adalah salah satu detik ter galau dalam hidup gw.. Dan begitu kita denger kata "LULUS" itu rasa nya lega subhanallah benget .. Tapi sialnya kegalauan tidak sampe situ aja . Karena tiba2 timbul pertanyaan " terus , kalo UN nya udah lulus mau ngapain ? " . Itu adalah saat2 galau lain nya , dimana kita harus menentukan universitas dan prodi mana yang ingin kita singgahi.. Itu galau banget men.. ada puluhan bahkan mungkin ratusan prodi yang beredar di indonesia dan sekitarnya .

4 Pilar dari perikanan



         Nah gw sendiri sebagai orang yang Alhamdulillah telah melewati masa2 itu .. merasa senang karena prodi yang gw pilih insya Allah adalah prodi yang tepat dan cocok buat gw . Karena gw belajar di sini merasa enjoy dan memiliki ketertarikan yang tinggi . Oke gw adalah seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi negri di bandung , atau mungkin lebih tepat nya gw bilang di sumedang . Gw adalah seorang yang sedang menempa ilmu di FPIK . bagi yang belum tau apa itu FPIK , FPIK adalah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan . Gw disini mengambil prodi perikanan .

         Bisa gw bilang kalo perikanan adalah sebuah ilmu yang bisa di katakan "tenggelam" atau hilang dari peredaran pengetahuan masyarakat luas . Sampe sekarang peminat perikanan masih sangat sedikit . Jangankan untuk minat , untuk tau aja susah . Terbukti dari adek kelas gw yang selalu kebingungan dengan kata "perikanan" yang pernah gw lontarkan setiap mereka menanyakan gw kuliah dimana :P . Mereka sama sekali gak tau apa itu perikanan dan apa aja sih yang di pelajari di dalam nya .

          Salah satu sumber menyatakan "Perikanan adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan" . Nah.. jadi perikanan sendiri memiliki cangkupan ilmu yang sangat luas sekali . Nah kalo kata salah satu dosen gw mah ya .. perikanan itu dibagi menjadi 4 pilar besar .. yaitu MSP ( Manajemen sumberdaya perairan) , Perikanan tangkap , Perikanan Budidaya , THP (Teknologi Hasil Perikanan) .  Nah.. ke empat pilar itu saling melengkapi satu sama lain nya untuk membentuk suatu sistem perikanan yang berorientasi bisnis . Jadi salah satu dosen gw yang lain pernah bilang kalau ilmu perikanan itu sebenernya adalah ilmu ekonomi . Namun sampe sekarang gw belum nemu sama sekali bagian "ekonomi" nya .. mungkin di semester lebih atas lagi.. :P .


          MSP atau manajemen sumberdaya perairan ...  Membantu menyediakan sumberdaya perairan sebagai media tempat hidup ikan . Ini adalah ilmu yang membuat gw paling tertarik di perikanan .. walau banyak banget parameter fisika dan kimia yang di pelajari .. dan membuat kepala gw pusing tujuh keliling . Dan di tambah lagi parameter biologi nya juga yang tidak begitu mudah di cerna . Tapi mempelajari MSP bisa di bilang menarik .. atau bisa gw bilang sangat menarik . dimana lw bakal banyak berbicara tentang perairan lentik dan lotik di dalam nya .. dengan berbagai karakteristik nya dan parameter di dalam nya . ngitung DO, Amoniak , Diversitas plankton .. pokok nya masih banyak lagi deh ... Dan kalo lw mau tau .. Plankton adalah makhluk hidup yang paling luar biasa yang pernah gw liat ..


             Perikanan tangkap . Dari nama nya juga nenek nenek sekarat juga tau kalo ini cabang perikanan yang kerja nya jadi penangkap ikan .. atau menunjang penangkapan ikan . Mungkin saat ini Nelayan masih di identik kan dengan kemiskinan . Tapi jangan salah .. temen gw pernah melakukan survey buat tugas mata kuliah sosiologi perikanan di daerah pesisir Karangsong di Indramayu .. disana terdapat nelayan besar .. Dan lw tau ? sekali pergi melaut .. Para ABK(Anak Buah Kapal) bisa membawa pulang uang sampai 10 juta rupiah .. dan itu adalah ABK ... yaitu strata terkecil dalam dunia per nelayanan .. ahahaha :D So gw pikir Orang yang memiliki ilmu yang dalam di penangkapan bakal memiliki prospek yang bagus pula . Dan perikanan tangkap memiliki peran sebagai penyuplai stock ikan .


             Perikanan Budidaya . Nah.. ini adalah bidang yang membuat gw sangat tertarik juga .. Karena di dalam nya kita belajar bagaimana cara merekayasa lingkungan perairan supaya memperoleh hasil maksimal dari biota yang kita budidayakan .. istilah keren nya mah Aquakulture .. meski begitu menurut gw ini adalah bidang tersulit dari perikanan .. Karena sifat nya sendiri yang High Risk . Tapi dengan mempelajari ilmu nya .. tentu saja yang namanya resiko bisa di perkecil . Peranan perikanan budidaya juga sebagai penyuplai stock ikan . 


         THP atau Teknologi Hasil Perikanan .. Gw pikir ini adalah cabang yang mempelajari bagaimana cara mengolah ikan .. Untuk apa ikan di olah ? Jelas untuk menambahkan nilai jual di masyarakat . Jadi di dalem nya mah katanya banyak belajar tentang bioteknologi dan kimia . So ini bisa di bilang sebagai ujung tombak nya sebelum ikan bisa di nikmati di masyarakat . 


        Singkatnya Msp memberikan lingkungan yang mendukung agar orang bisa melakukan kegiatan budidaya dan kegiatan penangkapan ikan .. nah hasil budidaya dan perikanan tangkap itu akan di olah oleh anak2 THP .. sebelum akhirnya sampai ke masyarakat .
gitu sih gambaran umum yang di berikan oleh salah satu dosen gw ..gw sendiri masih semester 2 .. dan itu artinya masih banyak lagi yang belum gw tau dari dunia perikanan ini .. Tapi buat anak2 SMA yang lagi galau SNMPTN gw pikir perikanan adalah bidang yang bagus untuk di pertimbangkan :D .


-Case Closed-
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar