Jumat, 04 Mei 2012

Habis gelap terbitlah terang ala jatinangor

      Kamis, 03 Mei 2012 .. Tampak nya itu adalah hari tergelap dalam sejarah jatinangor yang pernah gw rasakan . Bukan karena lebay atau sok puitis , tapi kenyataan nya memang itu adalah hari tergelap jatinangor sepanjang yang gw liat dan pernah gw rasakan . Hari itu di awali dengan hari yang biasa2 aja.. gw pergi ke kampus pagi2 buat tidur pas matkul sosper.. maksud nya buat belajar sosper . Bahkan saat gw menjalani matkul sosper gw gak merasakan firasat apapun pada hari itu . Situasi yang menegangkan baru terasa saat gw menjalani matkul limnologi .. Gw yang sedang "serius" belajar .. tiba2 di kejutkan oleh proyektor yang tiba2 saja mati . Kami para mahasiswa di sana pun terhentak kaget melihat kejadian yang baru saja terjadi . Meski begitu kami cukup senang , karena mati nya proyektor di kelas bisa di asumsikan sebagai telah berakhirnya kelas tersebut . Hahaha.. tapi mati lampu kali ini terlihat aneh.. karena lampu nya tiba2 saja menjadi galau .. mati nyala mati nyala mati nyala... gw pikir kalo gw lagi nyalain komputer tanpa stabilistator komputer gw bakal langsung rusak terkena hentakan listrik maut yang di luncurkan PLN .
seberkas cahaya nya begitu berarti.. Sayangnya gak bisa buat nyalain komputer dan nge charge HP



       Waktu terus berlalu.. kegiatan terus berlanjut tanpa hadirnya listrik di samping barang elektronik di sekitar gw .. Dan agenda terakhir gw di kampus pada saat itu adalah kumpul rutin kepanitiaan medis SUMBAWA . Dan agenda ini biasa di mulai pukul 4 sore hingga menjelang magrib . Gw melewat kumpul rutin itu dengan biasa aja .. karena setiap kamis memang di agendakan untuk ber binjas ria .. jadi gw cukup lari keliling2 bale santika tanpa mempedulikan lampu . Dan ternyata sampe gw selesai kumpul Sumbawa pun listrik belum mengalir seujung jari-pun ke daerah jatinangor . Dan itu bencana buat gw .. pertama , tempat gw ngumpul medik dan gerbang keluar sangatlah jauh , dan itu berarti gw harus berjalan di tengah kegelapan unpad jatinangor dengan pengelihatan yang minim .. kedua , Gw sebagai mahasiswa gak memiliki laptop dan hanya memiliki komputer dekstop untuk mengerjakan tugas gw .. dengan ketiadaan listrik ,  itu berarti komputer gw bakal mati total sepanjang PLN belum mengalirkan listrik ke jatinangor . Dan bencana nya adalah gw punya tugas yang harus di kumpulkan esok hari . Bodo amat lah.. sejak kapan juga gw meikirin tugas :P .

       Untung nya gw berjalan turun menuju gerbang unpad gak sendirian .. gw masih di temani sesosok wanita cantik dari bandung .. yaa.. beruntung gw masih di temani oleh Fitri Awaliah . So kami menelusuri jalan gelap dengan intensitas cahaya setara dengan garis kompensasi pada danau ber stratifikasi . Kami berjalan dan berjalan .. sembari berbagi cerita canda dan tawa ( huek abis dah lebay nya :P) . Hingga kami sampai ke bawah.. yaitu di gerbang lama unpad . Dan betapa kaget nya gw .. karena di jalanan orang2 udah ramai mengerubungi segala tempat yang bercahaya .. misalnya alfamart dan indomart yang menggunakan genset . Dari situ gw mengambil kesimpulan bahwa faktanya manusia juga bersifat fototaksis positif dalam merespon cahaya .. wahahaha :D .

       Kembali pada masalah utama nya .. yaitu my task destiny atau takdir dari tugas gw yang deadline nya besok . Setelah gw sampe kosan gw yang horor sangat pada saat mati lampu .. gw pun melakukan ishopakan .. istirahat dan sholat tanpa makan . Gw di kosan tuh kayak orang bego dah , kerjaan nya cuman duduk di kasur dan di tengah kegelapan . Karena emang itu doang yang bisa gw lakuin pada saat itu . Sampai akhirnya HP gw kembali bergetar.. dan ternyata itu sms dari fitri .. Yang intinya mengajak gw untuk melakukan fototaksis positif .. yaitu berjalan menuju sumber cahaya . Dan dalam hal ini dia ngajak ke Jatos / Jatinangor town square . Katanya biar bisa ngerjain tugas bareng2 gtu.. bareng sie mega dan juga elissa .. Oke akhirnya gw minggat dar kosan menuju jatos .

        Dan kembalilah terjadi masalah . Mengingat kosan gw yang rada terpencil dan jauh dari peradaban ... maka gw harus melewati jalan keramat .. Yaitu jalan yang katanya sih angker gtu menurut temen2 gw yang bisa merasakan energi2 halus yang tak terlihat . Dan gw pribadi pernah di gangguin sekali di jalan itu :P . Meski begitu  gw biasa aja sih lewat situ , Tapi dalam keadaan mati lampu .. Cerita nya sedikit berbeda . Karena gw lewat jalan situ aja kaki gw udah gemeteran .. Dan di jalan itu emang gak ada cahaya lampu .. hanya di hiasi cahaya bulan purnama . Dan you know ? Cahaya nya indah banget.. gw jalan di jalan keramat itu udah kayak jalan di film jaman dulu yang warna nya cuman ada hitam dan putih doang :P . Dengan mengumpulkan sejuta keberanian akhirnya gw bisa lewat jalan itu dengan semangat dan selamat :P .

         Setelah gw bertemu dengan sobat2 seperjanjian gw tadi akhirnya kami pun pergi ke jatos .  Satu2nya gedung yang memberikan cahaya kehidupan di jatinangor pada saat itu . Dan betapa kaget nya gw .. Karena jatos dalam keadaan yang sangat ramai .. Puluhan orang numpang nge charge HP dan laptop di socket2 listrik yang ada .. Dan kami adalah kumpulan orang yang cukup bodoh karena tidak membawa peralatan perang .. yaitu Roll gulungan / paralel . Alhasil kami hanya menjadi orang madesu yang terombang ambing di sana .. dan tujuan kami untuk ngerjain tugas di sana menjadi gagal total . Yang kami rasakan di sana adalah suatu mall yang ramai dan gw pikir dengan keadaan AC yang mati . So pertempuran dalam perebutan Oksigen sangat terlihat disana .

         Setelah galau beberapa lama di jatos , akhirnya kami pun memutuskan biarkan takdir yang menentukan nasib tugas kami . Dan agenda kami berubah menjadi makan malam pada saat itu . Dan malam itu di akhiri dengan penuh kehangatan di ayam goreng AA dodoy .. Sembari di iringi keluh kesah elissa atas tidak selesai nya tugas yang dia miliki . Ahahahaha :D
dan mati lampu ini terus berlanjut hingga larut malam ..

         bangun nya gw di esok hari telah di iringi oleh kelap kelip rice cooker yang menandakan listrik sudah mengalir ke jatinangor . Akhirnya gw langsung berangkat menuju komputer dekstop gw tercinta untuk menyelesaikan tugas yang telah membuat gw menderita .

        Habis gelap terbitlah terang .. Bukan tentang emansipasi pria dan wanita .. ini tentang Fototaksis positif para makhluk jatinangor .. Ketika listrik menghilang .. Maka kami mahasiswa akan kehilangan jiwa nya .. yaitu handphone , komputer , internet , dan printer .. teteap terang jatinangor ku .. tanpa listrik pada dirimu .. tugasku akan tenggelam dalam gelap mu .

Dan menurut informasi .. mati lampu yang ber jam2 itu di sebabkan oleh kebakaran yang terjadi di gardu utama ujung berung . Mr. Egg menyampaikan..

-Case Closed-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar