Selasa, 29 Januari 2013

just Jaboodde (part 1)

Pernah tau istilah jabodetabek ? yoa, itu adalah kompilasi dari 5 daerah gila yang berkolaborasi untuk membentuk suatu sindikat pembuat masalah masalah perkotaan. so, buat you you semua yang pada pengen jadi guru besar dalam bidang apapun, maka jabodetabek adalah tempat yang baik untuk belajar. Lu bisa bayangin kan berjuta juta ahli telah didatangkan ke jabodetabek.. tapi itu daerah tetep aja bgitu2 mulu.. kumuh.. banjir.. gak ada ruang hijau.. ledakan populasi penduduk.. beuhh segala masalah ada disana, mulai dari masalah lingkungan.. ekonomi.. infrastruktur hijau.. banyak weh lah.

Tapi gw punya sedikit cerita nih.. ini adalah beberapa alasan gw sebenernya cukup membenci daerah tempat gua tinggal.. yoap suatu daerah yang berkonotasi dengan JaBoDe doang (inget yaa baca nya pake logat india,, jadi jabooooddde . dengan qalqalah kubra di akhir kalimat). Yaa pada dasarnya gw adalah seorang warga negara indonesia.. berdomisili di kabupaten bogor.. namun biasanya tinggal di jatinangor sumedang. Soo.. sekarang gw sedang liburan kuliah, yang artinya gw balik ke kabupaten bogor (letaknya pertengahan antara kota bogor dan kota depok). Gw balik tentu saja tengan tampang bodoh bla bla bla..tanpa tau ternyata gw pulang ke kolaborasi 5 daerah yang bermasalah. Mesti begitu.. lupakan tangerang dan bekasi, karena gw emang gak pernah berurusan sama mereka.. ahaha :P
Banjir

Kalian semua pasti tau kan bahwa di jakarta itu ada siklus banjir 5 tahunan? suatu fenomena yang aneh ya, dikala banjir aja ada siklus nya.. jadi banjir nya nunggu dulu sampe lima tahun, baru deh jadi banjir.. ahahahaha *skip. Nah sialnya, akhir 2012 - awal 2013 ini menjadi waktu dimana siklus banjir 5 tahunan itu memunculkan diri.. haha gw jadi tegang banget ini,, kayak di sinetron2 banget ini "banjir yang gusar" . skip, lupakan sinetron kembali ke pokok permasalahan nya. Pada kenyataan nya tentu saja pemerintah jakarta gak bakalan diem aja menikmati siklus banjir besar yang mengancam daerah nya . maka, penyebab banjir haruslah diredam. penyebabnya apa ? okeh.. ada yang tau tentang banjir kiriman? ini adalah penyakit rutin yang biasanya terjadi pada daerah hilir dari suatu DAS (Daerah Aliran Sungai). So ini semacam pelimpahan dosa dari hulu sungai ke hilir sungai.
Gw kasih ilmu fisika ke lu semua ya.. Apabila ada air yang berada di tempat yang lebih tinggi dalam suatu bidang miring, maka air itu akan mengalir ke tempat yang lebih rendah (Guru SD, beberapa tahun yang lalu) . Analogi yang sama juga berlaku pada kali ciliwung, hujan lebat di bogor.. yang banjir justru di Jakarta. Oleh karena itu diciptakanlah sistem pendeteksi banjir.. namanya adalah EDS (Early Detection System) , caranya adalah pemasangan sensor di daerah sub DAS, misalnya aja untuk ciliwung pemasangan dapat dilakukan di  bendungan katulampa (bogor), Depok, Manggarai dan sunter utara. Apa yang dicatat oleh itu radar ? of course curah hujan dan tinggi muka air. Kalo udah kelewat tinggi yaa, maap aja. daerah di jakarta harus diberikan peringatan akan kedatangan banjir.. ahahaha :D

Masalah nya bukan disini kawan, yang parah adalah teknologi yang kedua.. Namanya adalah TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca). TMC adalah teknologi yang dapat mengatur apakah suatu awan akan hujan atau tidak. Caranya gimana ? awan itu bakalan di taburin NaCl yap garam men.. garam dengan ukuran 2-3 mikron. Apa yang akan terjadi? garam melakukan hidrasi ion (temen gw yang udah ngambil matkul mikrobio pasti ngerti ini apa maksudnya :P). Maka singkat cerita uap air bakalan ketarik sama garem, yang akhirnya membentuk butiran air yang akihirnya malah jadi ujan. Pertanyaan nya adalah kok buat ngatasin banjir malah dikasih ujan ? begitu kan ? emang penaburan garam ke awan bisa menimbulkan hujan . tapi hujan nya dilakukan diluar jangkauan DAS dari sungai2 yang bermuara di Jakarta. Sehingga yang harusnya hujan di jakarta dan sekitarnya, malah hujan di tempat lain ahaha.
Garam

Mungkin itulah penyebab kenapa di jatinangor itu ujan terus sampe gw mau berangkat kuliah aja susah.. dan begitu gua balik ke bogor ternyata cuaca nya panas terik menusuk kulit. Ternyata hujan nya dipindahin ahaha. Dan telisik punya telisik ternyata semenjak TMC ini dilaksanakan, gw mulai ngeliat berita tentang banjir di belahan pulau jawa yang lain nih.. ahaha gw mulai curiga tentang adanya konspirasi nih. Dimana banjir di jakarta di halau dan justru diturunkan di daerah2 yang tiba2 mendadak banjir itu .  Jadi semacam pemerataan bencana gtu.. huahahahaha :P :D .

Itulah buruk nya Jaboodde (kembali dengan logat india). menurut gw pribadi, teknologi EDS adalah teknologi yang tepat guna. suatu peringatan akan datang nya banjir tentu saja membawa dampak yang baik bagi daerah penderita banjir. Karena udah ada peringatan berarti ada persiapan dong :D .
yang gw kurang setuju itu TMC , entah kenapa gw daridulu tuh benci ngeliat orang ngotak atik alam.. huahahaha udah ditakdirkan hujan malah melawan hujan.. Sampe gw tuh sebenernya curiga ya jangan2 di masa depan bukan cuman ada hujan asam doang, lama2 ada hujan asin juga .. ahaha ya awan nya di taburin garem mulu.. gimana coba ? nanti danau2 di atas gunung salinitas nya juga jadi tinggi gara2 kena ujan asin, terus biota nya gak cocok dan sebagainya. pokoknya modifikasi alam itu kata2 tabu deh dikepala gw.. :P

konsep dasar dari banjir adalah genangan yang timbul akibat sistem drainase yang kurang baik. Itu udah jelas2 ada kata "akibat sistem drainase yang kurang baik".. jadi bagusin drainase nya jangan modifikasi hujan nya.
Tapi ini Pekerjaan berat sih emang.. untuk rencana jangka pendek memang solusi yang bagus.. tapi jangan dilakuin terus2an yak.. ahahaha :D

Alam berjalan dengan roda nya.. roda yang seimbang.. memodifikasi nya hanya akan menimbulkan ketimpangan dari keseimbangan nya.. be aware.

owh iya.. sukses terus buat BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dengan trobosan trobosan teknologi nya yang luar biasa.. ahahaha salut ane.. :D

Ditengah teriknya siang
-Mr.Egg-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar