Selasa, 17 Januari 2012

Study of Failure

       Huahahaha.. walau sekarang sedang liburan . Itu bukan berarti lw bisa duduk tenang di depan tv sambil berdoa bakalan menemukan suatu acara yang bagus . Men .. liburan kali ini gw deg2an .. apalagi kalo gw lagi OL di grub FPIK '11 tiba2 ada orang ngepost "Nilai Fisika kelas C" . Yaa.. itulah masalah gw yang baru sebagai mahasiswa .. pengumuman nilai men . Berbeda dengan di SMA yang bisa mengira ngira nilai rapot dari nilai2 ulangan harian kita sehari hari . Di kuliah , nilai UTS dan UAS adalah nyawa dari nilai akhir di mata kuliah tersebut.. :P .



       Inilah yang ngebuat gw , Ega Adhi Wicaksono . Seorang mahasiswa amatir menjadi deg2an . sebelum IPK gw di rilis ke pasaran , gw pikir gw bakalan tetep deg2an seperti ini :P . Sebagai seorang pelajar yang IQ nya pas2an dan selalu memegang prinsip "hidup gw adalah di tangan gw dan dalam kekuasaan Allah" tentu saja gw merasa amat khawatir terhadap nilai2 yang akan keluar . Apalagi setelah peristiwa UAS Avertebrata Air gw yang pernah gw muat di post "INI" . gw semakin takut akan hancur lebur luluh lantah nya nilai2 gw :P . Tapi akhirnya gw mulai bisa berpikir jernih . bahwa memang nilai bukan lah segalanya . mengingat kerja keras gw banting tulang untuk dapat mengerjakan UAS . ahaha :)

        Berbicara tentang takut akan kegagalan itu memang mengerikan . bagaimanapun gagal emang gak pernah bisa disebut dengan "Keberhasilan yang tertunda " . karena memang gagal itu adalah tidak berhasil . Ini memang pemikiran yang cukup rancu .. dimana kata "keberhasilan yang tertunda  " itu bisa meningkatkan motivasi , tapi dapat juga menurunkan etos kerja kita dalam menggapai suatu tujuan . yaah tapi kita bisa melihat semuanya pada realitas . karena setiap orang memiliki pengertian akan gagal yang berbeda .

         Kalo gw sih setuju dengan orang2 jepang . Dimana mereka menemukan suatu rumusan ilmu baru , yang disebut dengan SHIPPAIGAKU .shippai=gagal dan gaku=ilmu . Study of failure / ilmu yang mempelajari tentang kegagalan . Sering2lah mempelajari kegagalan , agar kau bisa mengerti caranya untuk berhasil .
Seandainya saja setelah IPK gw di rilis ke pasran ternyata jelek , gw bisa disebut gagal pada semester pertama . Tapi apa perlu gw mengulangi kesalahan gw di smester 2 ? itulah yang harus gw kejar . Gagal memang tidak berhasil . Tapi tidak ada di suatu kamus pun yang mengatakan bahwa gagal itu adalah sebuah akhir . Gagal menurut gw adalah pelajaran .
Gagal adalah sebuah pelajaran

           Menurut rumusan Shippaigaku . Setiap kegagalan itu pasti bisa di pelajari . pelajari sebab2nya dan lakukan perbaikan di kemudian hari . Lalu bagaimana kita bisa mengetahui penyebab kegagalan ? Umumnya penyebab kegagalan bisa kita lihat berdasarkan Hukum Heinrich . Dimana inti dari hukum tersebut menyatakan bahwa suatu kecelakaan besar yang fatal pada dasarnya merupakan kumpulan dari beberapa kecelakaan kecil, atau lebih tepat dikatakan kecerobohan kecil . Yaa.. sebenarnya hukum itu memang di fungsikan buat bidang jasa asuransi untuk menentukan kelayakan klien2nya . Tapi itu bisa di jadikan sebuah analogi kegagalan . Dimana kegagalan besar itu di mulai dari kegagalan2 yang kecil . jadi watch your step , karena kegagalan mu hari ini tidak akan berujung indah jika terus menerus kau lakukan . ayo2 kita introspeksi diri dan sadari , apakah hari ini kita sudah melakukan hal2 yang akan membuat kita berhasil di ujung nya :) . tapi menyadari kegagalan bukan lah untuk di sesali ya.. tapi untuk di pelajari.. ^_^

seorang teman gw pernah berkata begini
Semua Usaha AKHIRnya pasti berhasil, jika belum berhasil berarti itu bukan AKHIR.
  - Husna Sujagat -
Haha.. kalo begini caranya gw memang harus terus berusaha kan . mengetahui tentang Hukum Heinrich membuat kita lebih peka akan lingkungan , selalu sigap , dan tidak menunda nunda sesuatu . mengetahui tentang SHIPPAIGAKU membuat kita bisa lebih bersyukur dan selalu bisa belajar tentang apa2 yang seharusnya memang sejak awal kita pelajari :)

ingat ya.. Shippaigaku itu adalah sebuah ilmu . dan salah satu senior gw pernah berkata yang kurang lebih isinya begini :
Ilmu dan pengetahuan itu hal yang berbeda . Untuk sekedar tau itu sungguh sederhana , carilah pengalaman di sana sini maka pengetahuan mu akan bertambah . Tapi ilmu tidak sesederhana itu . Ilmu haruslah di kaji   -Kang Asep-
jadi kajilah kegagalan mu supaya kamu berhasil :)

Ahahaha dan sial nya sampai sekarang nilai2 itu belum juga keluar . baru ada 5 nilai yang keluar , dan alhamdulillah sih belum ada nilai yang cukup menakutkan . Tapi nilai Avertebrata gw belum keluar :P . Dan nilai itulah yang paling menakutkan ahahaha :P :D

Nikmati kegagalan mu . karena itu adalah jalan menuju keberhasilan ^_^

-Case Closed-

1 komentar:

  1. nice post..

    kegagalan bukan akhir dari segalanya.. Allah hanya sedang memberi kesempatan kita untuk belajar lebih dari mereka yang sudah lebih dulu berhasil.. ^^

    BalasHapus