Sabtu, 07 Januari 2012

jujur , mencontek , moral dan indonesia

        Bagaimanapun ceritanya.. bukan merupakan rahasia pribadi lagi kalau sebenarnya indonesia itu punya sebuah musuh besar . sebenarnya terlalu ekstrim mengatakan nya , tapi mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa musuh besar dari indonesia itu berada di belahan dunia yang lain (baca : Negara lain) . yaah , entah karena mata gw tertutup atau gak pernah tau keadaan atau apa . tapi sampe saat ini gw masih belum bisa menemukan dosa orang2 barat terhadap indonesia .

         Tapi kenyataan bahwa musuh indonesia ada , itu tak akan pernah berubah . dan setelah gw pikir2 sebenarnya musuh indonesia itu adalah "kita" . kita ? ya, siapa suruh indonesia memiliki para pemimpin yang kurang bermoral . siapa suruh indonesia memiliki politik yang kotor . siapa suruh indonesia memiliki orang2 yang jauh dari kata jujur .  ini suatu kesalahan sistematik secara global di indonesia . musuh kita adalah moral dari diri kita sendiri yang penuh kebobrokan .

         gw gak mau ahh bahas hal2 yang berat tentang bobrok nya indonesia . gw mau bahas yang ringan2 aja , soalnya kalo bahas yang berat2 juga ilmu gw kagak nyampe ke sono.. ahaha :P . gw pernah suatu saat ngeliat ada iklan yang Tag line nya menggambarkan bagaimana seharusnya karakter bangsa indonesia , dan saat itu kata "jujur" lah yang di junjung tinggi . wahaha gw jadi ngerasa malu tuh , sebagai anak indonesia gw sadar sampe sekarang pun gw masih jauh banget dari kata jujur . gw yang dulu di sma kalo ulangan selalu contek sana contek sini , dan sekarang kalo gw pikir kenapa dulu gw bego banget yaa.. >,< .

          Dan masih banyak poster2 yang mengajak kita untuk berlaku jujur . misal nya aja kampanye anti mencontek yang di terbitkan oleh ITB (kalo gak salah ya :P )
 
salah satu poster kampanye anti mencontek.
nah.. kata jujur dan mencontek memang memiliki korelasi yang amat tinggi . terus apa hubungan nya antara jujur mencontek dan moral bangsa indonesia saat ini ? sekarang lw bayangin aja yaa.. gimana kalo seorang anak udah terbiasa tidak jujur dan mencontek dari kecil , itu akan menjadi sebuah kebiasaan dan kelak dia akan mencari ilmu dengan cara mencontek . nyari ilmu nya aja udah gak berkah , dan dia harus mengabdi pada indonesia dengan ilmu itu , apakah indonesia akan maju dengan ilmu seperti itu ? pemimpin kita udah terbiasa mencontek kali ya dari dulu , sehingga kebiasaan nya berlanjut sampai mereka belajar untuk melakukan KKN .
spanduk depan jurusan matimatika unpad :P

         Gw juga bukan seorang yang suci , berbagai metode mencontek juga udah pernah gw geluti . Tapi sekarang gw udah beranjak menjadi seorang mahasiswa . Gw udah harus sadar tanggung jawab gw sekarang udah besar , sekarang gw harus berjalan dengan wajah terangkat dan penuh ambisi . sebenarnya gw gak suka memiliki banyak tanggung jawab , tapi beginilah keadaan nya . Kalo gw masih menggunakan cara2 yang gak jujur untuk mencari ilmu , tunggu aja sampe gw hancur dengan sendirinya .

         musuh indonesia adalah moral dari warga2nya . mulailah buka mata , ini adalah masalah global . kita tak akan bisa menyelesaikan masalah ini hanya dengan berkata "dimulai dari diri sendiri . " , itu kata2 basi buat gw . mulai dari diri sendiri hanya akan membuat lw hidup dalam ke tidak adilan . suarakan suara lw , jadikan diri lw sebagai orang yang pantas bicara dan pantas di dengar(bukan demo mahasiswa loh ya :P ) . lalu suarakan apa yang dapat menyembuhkan bangsa ini .

         jujur adalah merupakan contoh kecil , tapi itu merupakan pangkal dari segalanya . Bobrok nya indonesia adalah karna hilang nya kejujuran dari hati para insan nya . mulailah hidup jujur dari sekarang . tidak berbohong, tidak mencontek, tidak memfitnah itu adalah pangkal dari tidak korupsi, tidak kolusi dan tidak nepotisme . indonesia bukan negara buat gw . indonesia adalah suatu kata yang menggambarkan karakter "kita" sebagai rakyatnya . yang menggambarkan kita dalam kesatuan . menggambarkan kita dalam karakter dan moral nya .

pertanyaan nya adalah , kenapa gw jadi nasionalis begini ya ? :P
dasar gw emang aneh..

-Case Closed-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar