Kamis, 06 Juni 2013

Hari lingkungan hidup : Cisempur pun bersuara..

Hui,, lama banget rasanya udah gak nulis lagi di blog ini yaa,, maklum, seluruh hasrat gw untuk menulis biasanya telah tertumpah pada pembahasan laporan praktikum yang terus menerjang. Jadi weh gw udah jarang nulis di blog lagi.

Sekarang mau bahas apa ya ? berhubung gw adalah orang galau yang buta akan tanggal kalender masehi, maka saat ini gw memberanikan diri melihat pojok kanan bawah dari layar mini laptop gw tercinta ini dan voila, ternyata udah tanggal 6 juni 2013, yang artinya gw berada dalam rentang antara hari lingkungan hidup sedunia pada tanggal 5 juni dan ocean day pada tanggal 8 juni. Oke, maka gw putuskan untuk sedikit menyinggung itu.

Lingkungan hidup ya ? gw suka rada merinding kalo ngebahas ini. Kenapa? karena gw jadi kepikiran sama anak cucu gw nanti,,, dan kalo inget tentang anak cucu, maka gw pun keingetan sama anak2 SDN cisempur yang kece kece dan ngangenin *kok gw random sih*.


iyap,, sekedar informasi aja.. bagaimana proses gw bisa kenal sama anak2 SDN Cisempur adalah karena salah satu program dari BEM KEMA FPIK UNPAD yang kece badai,, nama program nya SDN Cisempur Berdasi.. nah ini semacam program pengabdian kepada masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan gitu. Jadi kita tuh pergi ngajar ke SDN Cisempur buat meningkatkan motivasi belajar dan keilmuan mereka. Tapi sedikit banyak yang gw liat justru para pengajarlah yang banyak dapet pelajaran dari anak2 SDN Cisempur hihi..
Program ini nih,, SDN Cisempur Berdasi dari BEM KEMA FPIK UNPAD

Nah kebetulan di pertemuan terakhir, sebelum mereka semua uas.. Gw kebagian tugas buat nge konsep sistem pengajaran di kelas 5,, berhubung gw adalah orang dengan tampang menyeramkan, mengenaskan dan gak ada tampang2 orang baik nya banget plus tidak bisa mengajar dan berhawa kriminal,, maka gw putuskan buat ngajak beberapa orang lain nya untuk ikut bersama gw di kelas 5 hoho :D. singkat cerita lalalalala,, gw dan beberapa orang tersebut memutuskan bahwa tema kita pada hari itu adalah kampanye air bersih.. yeee,, plok plok plok.

Atas dasar apa ? sederhana, kita udah mendekati hari lingkungan hidup sedunia(waktu itu tanggal 1 juni).. Jadi nyambung2 dikit kan ? :D respon nya gimana ? cukup baik,, karena gw beruntung merekrut orang2 yang tepat untuk tugas ini (dan penghargaan pun dijatuhkan pada saudari umee dan saudari windi). Nah konsep kita disini tuh kita ngejelasin tentang perkonsepan daur air dan masalah2 apa aja yang ngebuat kalimat "air bersih mulai berkurang" itu muncul.

Buat kalian yang masih sama bingung nya tentang perkonsepan air, gw kasih tau konci nya ya,, Air di bumi tuh dari dulu volume nya sama secara kuantitas.. soo air sebenernya mah gak kemana mana. Yang jadi masalah adalah penurunan mutu air secara kualitas. Jadi percuma dong kalo air nya banyak tapi gak bisa di manfaatin, iya gak? soo makanya air nya di jaga terus ya akang teteh sekalian. owh iya,, untuk lebih lengkapnya gw juga pernah nulis di artikel non ilmiah gw deh,, ada di Link Ini.

Yang bikin gw cukup bangga dengan generasi muda kita khususnya anak2 SDN Cisempur adalah antusiasme dan kesadaran mereka yang cukup tinggi. Sebelum nya mereka memang gak tau tentang apa sih yang terjadi dengan sistem perairan di dunia,, mengapa harus? mengapa penting? haruskah bertindak? mereka semua semula gak ngerti.. tapi setelah kita paparkan tentang apa yang salah.. mereka langsung bersemangat untuk menjaga lingkungan perairan *hasik,, sountrack sinetron pun mulai diputar* .
Bahkan selesai kita memaparkan, kita iseng2 aja nyuruh itu anak2 ngebuat essay tentang perairan.. dan hasilnya lucu2,, memandang suatu kejahatan internasional berupa perusakan perairan dengan sudut pandang polos mereka.
ini dia 60 an essay dari mereka tentang perairan dan masalah nya

bahkan beberapa dari mereka juga ngebuat quote2 yang cethar membahana..
"Hidup Sehat itu Senang.." -Annisa Sri M, 2013, Murid kelas 5 SDN Cisempur-
"Kalau Sungai kita bersih,, kita sehat kan.." -Vita, 2013, Murid kelas 5 SDN Cisempur-
"Saya berharap kalau air bersih bisa lebih banyak dan bisa membuat tubuh kita menjadi sehat dan kuat makanya kita harus menjaga lingkungan disekitar kita" - Sindi Rismayanti, 2013, murid kelas 5 SDN Cisempur-
Dan masih banyak banget quote2 lucu dan cetar membahana dari mereka yang gak bisa gw sampaikan semua,, *murid kelas 5 ada 60 orang-an bro :p* .

nahh.. murid SDN Cisempur pun sudah mulai bersuara dalam menjaga lingkungan hidup.. Bagaimana dengan kalian ?
kalo gak dimulai dari sekarang, maka kapan lagi? kalo gak dimulai dari diri sendiri, maka dari siapa lagi?

Ayo jaga terus lingkungan kita.. :) untuk bumi yang berkelanjutan..

-Dari Mr.Egg untuk Dunia-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar