Kamis, 22 Maret 2012

World Water Day

        Tanggal 22 maret mungkin terasa seperti hari yang biasa yaa . Tapi tau gak sih lw pada kalo hari ini adalah hari air sedunia, atau kalo mau denger bahasa keren nya tuh "world water day" . Iya bener, di hari ini seharusnya kita merayakan sesuatu yang krusial dalam hidup kita .. yaitu AIR . mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa air adalah sesuatu yang biasa . Tapi ini bukan masalah yang sepele . belakangan ini kita sudah sangat amat melupakan penting nya air bagi kehidupan kita .
Hari Air sedunia



         Peringatan hari air di adakan sebagai upaya untuk menarik perhatian publik tentang betapa penting nya air dan bagaimana usaha untuk melestarikan nya . Penetapan tgl 22 maret pun di hasilkan dari keputusan sidang umum PBB yang ke 47 yang di adakan pada 22 Desember 1992 . So dunia baru bisa merasakan perayaan nya pertama kali pada tanggal 22 maret 1993 . Seperti gw bilang tadi tujuan di adakan nya perayaan ini adalah untuk menyadarkan masyarakat tentang bagaimana seharusnya kita mengelola air yang berkelanjutan .

        Berkelanjutan ? yaa.. berkelanjutan . Gw sendiri adalah seorang mahasiswa perikanan yang alhamdulillah sudah di ajarkan sedikit tentang LIMNOLOGI . singkat nya limnologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perairan darat . Soo sedikit banyak gw udah mengerti sistem perairan itu sebenar nya seperti apa . Mungkin kita sebagai orang awam selalu beranggapan bahwa air yang kita gunakan setiap hari itu tidak akan habis . Yahh.. mungkin kalian benar.. air memang tidak akan habis secara kuantitas.. namun secara kualitas , air dapat dikatakan berkurang . Semakin banyak kita memakai air bersih , maka krisis air bersih akan semakin dekat .. karena daur ulang air kotor menjadi air bersih lagi itu membutuhkan waktu yang cukup lama . berikut adalah bagan yang menunjukan waktu daur ulang air .
Waktu daur Air
Bisa kita lihat.. jika kita mengotori air tanah hari ini saja untuk menjadikan nya air tanah yang bersih kembali seperti hari ini . Maka kita membutuhkan waktu 300 tahun lagi . Ini memperlihatkan betapa sumber daya air ini harus kita jaga  dan lestarikan secara berkelanjutan .. kondisi ini semakin di perparah dengan penggundulan hutan dan pencemaran air oleh limbah industri dan rumah tangga ..
Bahkan menurut United States Agency for International Development (USAID) dalam laporan nya pada tahun 2007 mengatakan bahwa di beberpa kota di indonesia sudah hampir 100% sumber air minum kita terkontaminasi oleh bakteri E.coli dan coliform. 

SO , masih kah kita berdiam diri melihat krisis air yang semakin hari semakin parah .. bahkan tidak menutup kemungkinan di masa depan kita akan menjual air mandi dalam kemasan .. Jagalah Air sejak sekarang .. 
cara nya gimana kakak ? Gampang kok..
  • Lakukan gerakan hemat air ( Hal paling penting )
  • Lakukan konservasi lahan dari DAS mulai dari  Spring -> Stream -> River -> Main river hingga estuarine  .
  • Mengurangi pencemaran air baik oleh limbah rumah tangga, industri, pertanian maupun pertambangan.
  • Pengembangan sistem penampungan air di musim hujan . seperti Situ atau waduk , supaya air nya bisa di manfaatkan saat musim kemarau 
  • Buatlah sumur serapan di perumahaan
  • Buat biopori
  • Lakukanlah reboisasi dan kegiatan penghijauan 
Kalau bukan kita? Siapa lagi ? Kalo bukan sekarang ? Kapan lagi ? Sadarlah akan lingkungan sekitar kita.. selamat hari air sedunia .. dan selamat menjaga air untuk masa depan ^_^
   
-Case Closed-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar